Mengenal Aneka Bubur Nusantara, Ada yang Dimakan dengan Pecel

Makan Sehat


Anda suka makan bubur? Tahukah Anda, di Indonesia ada puluhan jenis bubur dari berbagai daerah? Ada bubur gurih, bubur manis, juga bubur campur sayur, ikan, udang, sambal dan sebagainya. Bahkan salah satunya ada lo, yang dimakan dengan pecel. Mau tahu apa saja bubur khas Indonesia?


1. Bubur Manado
Disebut juga bubur tinutuan. Terbuat dari labu kuning dicampur aneka sayuran, seperti daun singkong, bayam, kemangi, jagung serta ikan cakalang dan sambal roa.


2. Bubur Sumsum
Bubur manis dari tepung beras yang diberi kuah gula merah. Bisa juga ditambah ketan hitam, mutiara, biji salak.


3. Bubur Ase
Bubur asli Betawi ini terbuat dari beras yang diberi kuah semur daging sapi lalu ditambah tauge, kacang kedelai, dan kerupuk merah.


4. Bubur Kampiun
Dari Minang ada bubur kampiun, yaitu bubur manis seperti campuran antara bubur sumsum dan kolak pisang. Terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, daun pandan, pisang tanduk.


5. Bubur Sagu
Bubur dari Ambon yang terbuat dari sagu yang telah direndam lalu direbus. Disajikan dengan kuah santan dan talas kukus.


6. Bubur Kanji Rumbi
Sekilas mirip bubur ayam namun banyak menggunakan rempah khas Aceh, salah satunya cengkih, dan udang.


7. Bubur Pecel
Disebut begitu karena bubur nasi disajikan dengan bumbu kuah kacang lengkap dengan sayuran seperti kangkung, kacang panjang, bayam, tauge. Bubur asal Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini sangat unik karena disajikan dalam mangkuk opak (samier) yang bisa dimakan.


Unik dan menarik dicoba, kan?